Prosedur layanan Pelanggan

Proses laundry dimulai saat pelanggan datang ke Outlet/counter anda atau pada saat bagian antar jemput menerima pakaian dari pelanggan. Berikut adalah tata cara atau prosedur standar yang berlaku secara umum.

Bagian Outlet/Pickup Delivery

1.     Persyaratan:

  1. Memahami label code pada pakaian
  2. Memahami jenis-jenis bahan pakaian
  3. Memberikan penjelasan penanganan bahan pakaian
  4. Menggunakan seragam dan label nama
  5. Memiliki penampilan menarik
  6. Intonasi suara jelas dan bagus 

2.     Prosedur

  1. Memberikan Greeting, ramah, sabar dan selalu tersenyum pada pelanggan
  2. Memeriksa pakaian yang diterima
  3. Menginformasikan jika ada kelainan atau kerusakan pada pakaian
  4. Menanyakan jenis layanan yang dinginkan
  5. Menjelaskan berapa lama penanganan/proses pengerjaan
  6. Diambil sendiri atau layanan antar jemput
  7. Adakah Charge Fee ?
  8. Menjelaskan adanya program program yang menarik pada pelanggan
  9. Apakah pakaian bisa diterima atau tidak dan apa solusinya.
  10. Menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan.
  11. Memberikan tanda terima dan meminta tanda tangan pelanggan.
  12. Meminta saran dari atasan jika ada permasalahan yang dihadapi
  13. Jangan lupa mengucapkan terimakasih, atas kunjungan pelanggan.

 3.     Action

  1. Memeriksa ulang kembali pakaian dan segera kabarkan kepelanggan jika ada kelainan pada pakaian
  2. Memeriksa semua isi kantong jika ada barang milik pelanggan.
  3. Menulis dalam buku tanda terima
  4. Menginput kedalam database sistem
  5. Segera menyimpannya dalam laundry bag


Note

Anda dapat melakukan modifikasi Prosedur layanan ini sesuai dengan sistem yang anda inginkan atau sesuai dengan sistem yang berlaku di perusahaan anda.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURFAKTAN

Cara membuat Formula Deterjen Cair

PERBEDAAN SLS DAN SLES