Prosedur layanan Pelanggan
Proses laundry dimulai saat pelanggan datang ke Outlet/counter anda atau pada saat bagian antar jemput menerima pakaian dari pelanggan. Berikut adalah tata cara atau prosedur standar yang berlaku secara umum.
Bagian Outlet/Pickup Delivery
1. Persyaratan:
- Memahami label code pada pakaian
- Memahami jenis-jenis bahan pakaian
- Memberikan penjelasan penanganan bahan pakaian
- Menggunakan seragam dan label nama
- Memiliki penampilan menarik
- Intonasi suara jelas dan bagus
2. Prosedur
- Memberikan Greeting, ramah, sabar dan selalu tersenyum pada pelanggan
- Memeriksa pakaian yang diterima
- Menginformasikan jika ada kelainan atau kerusakan pada pakaian
- Menanyakan jenis layanan yang dinginkan
- Menjelaskan berapa lama penanganan/proses pengerjaan
- Diambil sendiri atau layanan antar jemput
- Adakah Charge Fee ?
- Menjelaskan adanya program program yang menarik pada pelanggan
- Apakah pakaian bisa diterima atau tidak dan apa solusinya.
- Menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan.
- Memberikan tanda terima dan meminta tanda tangan pelanggan.
- Meminta saran dari atasan jika ada permasalahan yang dihadapi
- Jangan lupa mengucapkan terimakasih, atas kunjungan pelanggan.
3. Action
- Memeriksa ulang kembali pakaian dan segera kabarkan kepelanggan jika ada kelainan pada pakaian
- Memeriksa semua isi kantong jika ada barang milik pelanggan.
- Menulis dalam buku tanda terima
- Menginput kedalam database sistem
- Segera menyimpannya dalam laundry bag
Note.
Anda dapat melakukan modifikasi Prosedur layanan ini sesuai dengan sistem yang anda inginkan atau sesuai dengan sistem yang berlaku di perusahaan anda.
Komentar